Jumat, 01 Oktober 2010

tugas komputer pengantar TI 1B

*) SEJARAH Microsft Access

Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993.

Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.
Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby.
*) Pengertian Microsoft Access
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis dataMicrosoft Jet Database Engine dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

*) Kegunaan Microsoft Access

Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Server (IIS) dan menggunakan Microsoft Active server pages(ASP).

Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.

*) Kelebihan Microsoft Access
a. Kecepatan untuk memuat aplikasi sederhana
b. Kemudahan dalam mengubungkan antara Tabel Umum dengan Tabel Detailsnya karenanya menggunakan Relationship saja.
c. Bisa langsung diatur mana yang akan ditampilkan dan mana yang tidak ditampilkan.
d. Kemudahan untuk EDIT, Tambah, dan Hapus
e. Tidak terlalu banyak program tambahan, semua bisa dan serba wizard.
f.Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya . Untuk membuat Query, Access menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa penograman SQL .Di dalam Query Design Grid, para pengguna dapat memperlihatkan tabel basis data sumber dari query, dan memilih field-field mana yang hendak dikembalikan oleh proses dengan mengklik dan menyeretnya ke dalam grid. Join juga dapat dibuat dengan cara mengklik dan menyeret field-field dalam tabel ke dalam field dalam tabel lainnya. Access juga mengizinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi kode SQL jika memang diperlukan.
g.Bahasa pemprograman Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi microsoft office. Dua buah pustaka komponen Component Object Model (COM) untuk mengakses basis data pun disediakan, yakni Data Access Object (DAO), yang hanya terdapat di dalam Access 97, dan Active Data Object (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru.
  • ) Kekurangan pada MS Access:
    a. Tidak cocok untuk aplikasi yang kompleks
    b. MS Access bukanlah sebuah platform Database yang cepat jika digunakan multi user
    c. Harus menggunakan standard VB Script, yang kadang kadang conflik dengan Antivirus kita dan sering timbul pesan error.
    d. Agak susah jika kita menginginkan feature tambahan
    e. Orang bisa saja langsung merubah, bahkan menhapus data...

*) SEJARAH MySQL

MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

*) Keistimewaan MySQL

MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
  1. Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
  2. Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
  3. Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
  4. 'Performance tuning', MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
  5. Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
  6. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
  7. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
  8. Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
  9. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
  10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
  11. Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
  12. Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan tool yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
  13. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle .



*) KESIMPULAN
Microsoft Access Server adalah untuk kompatibilitas / berbagi. . Anda mungkin perlu untuk email seseorang salinan database Anda. Orang lebih cenderung memiliki akses pada komputer desktop mereka daripada SQL Server. . Umumnya Anda hanya akan menemukan SQL Server pada komputer pengembang '/ server atau pada server mesin produksi.Alasan lain mungkin Anda gunakan MS Access, SQL Server adalah uang. . Anda mungkin telah terinstal Microsoft Access sebagai bagian dari Microsoft Office suite.Pembelian SQL Server akan menjadi beban tambahan yang mungkin tidak diperlukan - tergantung pada situasi Anda. SQL Server juga bisa sangat mahal. Untuk menambahkan lebih lanjut, Access digunakan sebagai database lokal & tidak dapat diakses melalui server lain atau lebih dari lokasi terpencil. Singkatnya memiliki sistem GUI front-end [MS-Office] untuk merancang aplikasi dengan cepat, tetapi secara lokal. Anda juga dapat merancang / memodifikasi database akses pada komputer lokal Anda dan meng-upload ke web server di mana situs web hosting ada, tapi ini menjadi pekerjaan yang melelahkan ketika ukuran DB meningkat secara bertahap.
Microsoft Access banyak digunakan & agak dibuat untuk pemula dalam pemrograman DB. MySQL/MSSQL are for non-novice, more professional, kind of people. MySQL / MSSQL adalah untuk non-pemula, lebih profesional, jenis orang. Sebenarnya MSAccess diperkenalkan oleh Microsoft untuk kantor kecil yang ingin memiliki DB kecil karyawan, dll Ketika Anda memasukkan data lebih banyak & lebih ke dalam file akses, kinerja aplikasi mengurangi sehingga membuat proses pengambilan data memakan waktu lebih lama dan tahan lama ...

1 komentar: