Kamis, 07 Oktober 2010

ilmu budaya

Nama : Awika Bahani
Kelas : 1EB11
NPM : 21210236
1. Apakah unsur-unsur yang membangun manusia?
Manusia terdiri dari 4 unsur yang saling terkait, yaitu :
1. Jasad
2. Hayat
3. Ruh
ada di dl tubuh dan menyebabkan seseorang hidup
4. Nafs ( keadaan tentang dirinya sendiri )

Selain ke 4 unsur diatas adapula klasifikasi dari unsur-unsur yang membangun manusia, klasifikasi itu dbagi menjadi 2 unsur , yaitu :
1. Unsur jasmani
2. Unsur Rohani
Unsur Jasmani adalah semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan fisik manusia, seperti makan, minum, dan lain-lain. yang jika tidak di penuhi maka akan berakibat buruk bagi manusia itu. Sedangkan unsur rohani adalah semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan rohani, atau hati manusia. seperti agama atau keyakinan, ketenangan hati, rasa aman, rasa bahagia dan lain-lain. Manusia tidak bisa hidup tanpa kedua unsur itu. dan manusia juga tidak bisa pula hidup dengan mengutamakan salah satu unsur dan mengabaikan yang lainnya. manusia butuh kedua unsur itu secara seimbang. percuma jika seseorang mendapatkan semua kebutuhan jasmaninya namun, kebutuhan rohaninya terabaikan. Contohnya : Bila kita bisa makan makanan yang nikmat setiap hari, namun uang untuk membeli makanan itu di dapatkan dari hasil mencuri. maka kita akan merasa kenyang namun hati akan merasa takut. takut akan ketahuan oleh orang lain, dan takut akan dosa. dan juga berlaku sebaliknya. jika kita merasakan ketenangan hati, kebahagiaan, namun jika tidak makan dan tidak minum, maka hidup seseorang tidak dapat berjalan dengan semestinya.
Jadi, manusia hidup di dunia ini dengan cara menyeimbangkan kedua hal tersebut. jika kedua hal tersebut dapat diseimbangkan, maka manusia tersebut Insya Allah akan menjalani hidup yang tenang dan bahagia.

2 Apakah yang dimaksud dengan hakikat manusia?
Hakekat manusia adalah suatu kedudukan manusia dalam kehidupan yang bisa sebagai makhluk Tuhan, individu dan sosial budaya. Yang saling berkaitan di mana kepada Tuhan memiliki kewajiban untuk mengabdi kepadaNya, sebagai individu harus memenuhi segala kebutuhan pribadinya dan sebagai makhluk sosial – budaya harus hidup berdampingan dengan orang lain dalam kehidupan yang selaras dan saling membantu.
Hakekat Manusia Ada : 4
1. Mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh , yang memiliki kewajiban untuk mengabdi pada Tuhan.
2. Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena dilengkapi dengan:
- akal
- kehendak
- perasaan
3. Mahluk biokultural.
Yaitu mahluk hayati yang budayawi ( mengenal kebudayaan )
4. Mahluk ekologi ( terikat dengan lingkungan)
Yaitu manusia mempunyai sifat alamiah yang hidup bersama dengan manusia lain yang akan melahirkan suatu bentuk kebudayaan

3 Mengapa manusia dikaitkan dengan unsur kebudayaan ?

*Karena manusia termasuk makhluk sosial yang hidup bersama dengan manusia lain yang akan membentuk kebudayaan. Karena kebudayaan itu sendiri diperoleh manusia dari proses belajar pada lingkungan juga hasil pengamatan langsung. Serta kebudayaan terwujud dan tersalurkan lewat perilaku manusia.
Selain itu, Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar