Kamis, 07 Oktober 2010

compiere

Compiere adalah salah satu dari ERP yang Open Source yang sangat
memungkinkan untuk diimplementasikan didalam perusahaan terutama
perusahaan distribusi, membuat Compiere menjadi pilihan yang populer
diseluruh dunia.

Fitur Compiere mulai dari Inventory Management, Purchasing, Sales Order,
Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai fondasi,
dan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, membuat
Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of
companies, dimana hal ini sangat lazim di Indonesia. Serta module
Kompiere, bagi mereka yang hendak memasukan fitur MRP atau CRP kedalam
Compiere, cukup lengkap untuk sebuah solusi Open Source.

MODUL YANG TERSEDIA(2)
•Supply chain management
Adalah modul untuk mengendalikan stok barang sehingga kondisi stok yang tersedia dapat selalu dipantau. Selain itu juga memonitor status barang-barang yang dibeli dari pemasok maupun yang akan dikirim ke pelanggan
•Customer Relationship management Berfungsi untuk mengelola data pelanggan dan partner
bisnis. Selain itu juga dapat mengatur berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pelanggan seperti penjualan, surat menyurat, pengiriman brosur,dan lain-lain

*Performance analisis
Modul ini adalah modul akuntansi dalam compiere, mencatat semua transaksi yang terjadi di perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan. Pada modul ini dapat dilihatposisi keuangan dan laba rugi perusahaan.

Aspek Teknologi Compiere

•Arsitektur teknologi Compiere terdiri dari 3 layer:
–Server database
Menggunakan database Oracle versi 9, sehingga secara legal tetap harus membayar lisensi Oracle walaupun Compiere sendiri diperoleh gratis. Saat ini tim pengembang Compiere sedang menuju database independen
- Application server
Teknologi yang digunakan adalah Jboss yang bersifat open source dan gratis. Jboss merupakan application server terkemuka untuk mendukung platform Java enterprise ( J2EE)
•Client
Disisi klien terdapat 2 pilihan, Yaitu :
-Java client yang menggunakan antar muka Windows dan
-HTML client yang menggunakan browser.

KELEBIHAN COMPIERE

•Implementasi ERP yang cepat dan fleksibel
–Tanpa koding procedural atau keahlian dari perintahSQL, ArsitekturModel-Driven Compierememungkinkankustomisasiaplikasidengancepatseperti:
•Menambahkan sebuah kolom baru ke sebuah tabel,
•Menambahkan aturan validasi pilihan (kumpulan nilai, cakupan nilai, dsb),
•Merancang ulang sebuah window aplikasiuntukmenampilkankolombaru,
•Memasukkan data kedalam kolom baru melalui window aplikasi,
•Membuat laporan yang menyertakankolombaruataumenggunakankolombarusebagaiparameter queri

*Perangkat lunak ERP open source komersil
–perangkat lunak ERP Compiere tersedia dengan gratis untuk setiap orang yang ingin mendownload, Hal ini memberikan keleluasaan dari penguncian oleh vendor
–Compiere memasangkan keuntungan open source dengan pelatihan professional dan pelayanan.
*Arsitektur Model-Driven yang memudahkan dalam pengontrolan
*Aplikasi ERP yang dirancang untuk Ekonomi Global
–fitur multi-currency, multi-tax, multi-costing,multi-accounting dan multi-fungsionalitas organisasi.
–Solusi akuntasi yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan, tidak bergantung pada mata uang atau skema akuntasi yang digunakan

Persiapan Instalasi
Apakah ada Compiere yang dapat menggunakan RDBMS selain Oracle? Sudah tentu pasti ada, solusinya yaitu dengan bantuan Compiere 253a dari www.jotel.com.pl, ditambah dengan Fyracle dari www.fyracle.org, dan disertai dengan JDK 5 dari java.sun.com tentunya aplikasi Compiere sudah dapat berjalan dengan baik di sistem Windows.
Lalu apa saja yang dibutuhkan Compiere agar dapat berjalan di komputer tanpa menggunakan Oracle? Adapun aplikasi dan data yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- JDK 5. (http://java.sun.com)
- Fyracle-runtime-win32-installer. (http://www.fyracle.org/downloads)
- Compiere_C253a. (http://www.jotel.com.pl atau http://www.fyracle.org/downloads)
- Compiere_C253a_Data. (http://www.jotel.com.pl atau http://www.fyracle.org/downloads)
Kombinasi dari aplikasi-aplikasi pendukung bisnis tersebut memang jarang terlihat digunakan terutama di instansi-instansi pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. Tetapi tidak ada salahnya jika ditemukan suatu inovasi baru dalam penggunaan aplikasi bisnis yang ringan dan ringkas, serta memenuhi target yang dibutuhkan oleh para pelaku kegiatan bisnis maupun instansi pendidikan tinggi, sehingga menjadi sebuah ide atau gagasan baru bagi mereka yang ingin menggunakannya. Setelah mengunduh(download) aplikasi beserta data diatas silahkan ikuti petunjuk-petunjuk berikut ini supaya Compiere dapat dipakai. Berikut ini merupakan tahap-tahap cara instalasi keseluruhan dari aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Compiere secara standalone di Windows.


Instalasi JDK 5
Setelah paket Java di download langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi Java. Berikut ini merupakan tahap-tahap instalasinya.
Langkah 1:
Cari paket instalasi Java lalu klik dua kali pada ikon aplikasi tersebut untuk memulai proses instalasi. Maka akan keluar jendela yang menanyakan persetujuan, pilihlah “I accept the terms in the license agreement”, lalu klik tombol Next >.
Langkah 2
Jendela Custom Setup akan terbuka. Pilihlah direktori dimana JDK akan disimpan, secara default akan tersimpan di Program Files. Klik tombol Next > bila sudah menentukan posisi tempat menyimpan JDK.

Langkah 3:
Tunggu hingga proses kopi dan instalasi JDK selesai. Maka pada jendela berikutnya akan tampil konfirmasi instalasi JRE, tentukan tempat JRE akan di install. Lebih baik install dalam satu lokasi dengan JDK (misal: C:\Program Files\Java). Klik tombol Next > bila sudah menentukan posisi tempat menyimpan JRE.

Langkah 4:
Pada tampilan berikutnya akan muncul jendela Browser Registration yang menanyakan akan di install di browser manakah Java Plug-In. Klik tombol Next > untuk lanjut.

Langkah 5:
Proses instalasi JRE akan berlanjut. Tunggu hingga jendela selanjutnya tampil. Bila instalasi telah selesai silahkan klik tombol Finish. Dengan demikian Ja

1 komentar:

  1. di dalam langkah yang ke 5 bagian akhirnya cuma sampai disitu aja?
    mohon di lihat postingannya.

    BalasHapus