Sabtu, 15 Januari 2011

"Memulai Bisnis dari Latar Belakang yang Berbeda"


            Perkembangan teknologi membuat peluang bisnis semakin terbuka luas, termasuk bisnis yang berbasis teknologi internet. Untuk mendulang kesuksesan, sebelum memulainya, semua harus dipersiapkan secara matang, mulai dari perencanaan hingga sasarannya. Salah satu usaha yang berbasis internet tersebut belakangan  lebih disebut sebagai toko online. Tempat ini bisa dijadikan sebuah solusi dan terobosan dalam berbagai bidang penjualan  karena  kemudahannya. “Katakanlah  setiap orang mampu berjualan makanan, dengan modal bervariasi . Inilah yang membuat titik jenuh  di masyarakat semakin tinggi karena pada akhirnya semua tempat ada penjual makanan. Ciri makanan harus ditingkatkan dan berbeda dengan yang lainnya untuk merekam dan menarik konsumen. “ Nah, ketika semua orang bisa membuat toko online , tentunya dia harus berpikir kreatif bagaimana keluar dari pertempuran  persaingan yang jenuh dengan banyak membangun  identitas yang khas pula. Dari sekian banyak jenis peluang usaha di internet, secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Salah satunya peluang usaha menjual produk sendiri. Selain itu juga dapat  menjual produk atau memasarkan produk orang lain (affiliate program) . Pemilik produk bisa dari Indonesia ataupun luar negeri.Komisi yang didapat untuk affiliate program cukup besar antara 25 sampai 75 persen. Kelompok  peluang usaha dapat berupa pengelolaan situs iklan ( contextual advertising). Pada jenis ini dapat mengelola situs atau blog yang memiliki konten dengan topik tertentu dan  menampilkan iklan yang relevan dengan topic situs.
Melirik Peluang Bisnis dari Latar Belakang yang Berbeda
1.      Ridwan Hadi Purnomo adalah  salah  satu dari sekian banyak orang yang menjadikan internet sebagai penghasilan . Berawal dari pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaannya , dia kemudian melirik usaha di internet.
“ Awal mula tertarik dengan peluang usaha di internet adalah ketika saya terkena PHK sehingga mengharuskan saya untuk segera mencari pekerjaan pengganti penopang kehidupan sehari-hari,” paparnya.
Dari situ kemudian Ridwan mempelajari seluk-beluk berbisnis melalui internet. Bisa dikatakan internet memang telah menjadi lahan subur untuk berbisnis. Hal ini terbukti dengan banyaknya situs yang menayangkan iklan bagaimana membangun suatu bisnis yang bisa menghasilkan dengan cepat dan mudah. Tentunya kejelian serta faktor kehati-hatian menjadi unsur utama dalam dalam merintis sebuah usaha.
Pada mulanya, Ridwan mengaku sempat memiliki semangat mengebu-gebu. Yang terpikir kala itu hanyalah menghasilkan uang banyak dengan cepat sesuai dengan isi dari promosi  yang banyak ditayangkan di situs-situs internet.
“Kala itu kegagalan demi kegagalan yang diperoleh dan bukannya uang yang saya dapatkan . Hampir dua tahun saya menghaabiskan waktu untuk bisa seperti sekarang, urai dia. Sangat penting dalam membangun situs yang menarik. Kesan ramah dan informatif mesti langsung terkesan pada halaman pertamanya. Unsur-unsur menarik itu dapat diperoleh dengan membuat header yang menampilkan nama perusahaan dengan jelas dan kontras. Tampilan gambar berupa foto yang benar-benar ada hubungannya dengan usaha juga dapat menarik minat pelanggan. Jangan pula membangun situs bisnis terlalu ramai dengan banner dan animasi karena pengunjung justru dapat menjadi bosan. Jangan lupa untuk menampilkan ruang atau menu feedback dari pengunjung situs yang dapat menampung saran, kritik, keluhan, pada area yang mudah dijangkau.
Salah satu hal terpenting menurut Beliau adalah, buatlah situs tersebut selayaknya sebuah toko atau ruangan dalam kantor nyata yang representatif. Segala produk yang ada seakan-akan dapat langsung terlihat calon konsumen. 
2.      Bisnis Produk Mendulang Untung yang Besar dari Musim Piala dunia
“ Masih ingatkah Anda akan Pesta Piala Dunia 2010?” banyak orang –orang terjun ke dalam dunia bisnis , mereka meraih untung yang sangat besar..
Misalnya saja untuk mendukung tim kesayangannya saat World Cup , dari jauh-jauh hari mereka sudah mulai mempersiapkan pernak-pernik yang menunjukan demam  sepak bola. Mulai dari kaos seragam (jersey), sepatu olahraga yang bermerk seperti Adidas( Jerman),
Nike( Amerika Serikat ), dan Puma ( Jerman) dll. Momentim inilah yang bakal menjadi bidikan produsen perlengkapan olahraga untuk memperluas pangsa pasarnya dan mendongkrak kembali pendapatan yang sempat surut selama dua tahun akibatnya pengaruh krisis financial global.
Di luar lapangan hijau , tiga raksasa dunia perlengkapan olahraga yajni Adidas, Nike, dan Puma telah lebih dahulu memulai kick off pertandingan. Berbagai upaya dilakukan ketiganya guna mendongkrak image atau pencitraan. Adidas menjadi sponsor resmi dari jersey 12 negara yang berlaga di Piala Dunia 2010, termasuk Jerman, Spanyol dan Afrika Selatan.Di luar sana , ada Nike yang juga tidak sama menguatkan bisnis mereka untuk mendapat keuntungan saat demam piala dunia 2010.
Namun berdasarkan jumlah pembelian terbesar maka bisa dibilang Piala Dunia 2010 di dominasi oleh merk Adidas. Untuk bisa mengembangkan bisnis ini, Adidas telah memperpanjang kontrak perjanjian dengan FIFA untuk menjadi sponsor resmi turnamen Piala Dunia pada 2010 dan 2014 senilai 351 juta dollar AS. Dengan begitu Adidas menjadi partner resmi FIFA selama 44 tahun.
Dengan Begitu , Adidas akan mendapatkan prioritas akses ke jaringan TV dan iklan di dalam stadion selama pertandingan berlangsung. Sebagai kompensasi, Adidas akan menyuplai bola dan perlengkapan official FIFA, termasuk wasit.
Keberanian Adidas bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya saat Piala Dunia berlangsung seperti pada Tahun 2006.
Kenaikan Bisnis Produk Adidas dapat dilihat pada garfik di bawah ini:
3.      Bisnis Apartemen dengan Menggoda Seabrek Fasilitas.
“Harga terjangkau bukan berarti minim fasilitas” ujar Robby, Direktur PT Cakrawira Bumimandala. Sejumlah kondominium menengah justru berani menawarkan seabrek fasilitas dan konsep yang menggoda layaknya kelas apartemen premium.


Kompetisi ketat di pasar apartemen strata-title menuntut mengembangkan agar berani tampil beda dalam konsep dan strategi pemasaran. Tak terkecuali bagi pengembang apartemen kelas menengah dengan harga jual mulai dari 300 juta rupiah. Konsep dan fasilitas ternyata sangat berkaitan erat dengan tingkat penjualan
“Fasilitas yang ditawarkan pengembang tentu menjadi daya tarik penjualan. Orang tentu ingin memiliki rumah tinggal yang aman dan nyaman, salah satunya factor pemberi kenyamanan yaitu fasilitas”, Ujar Direktur PT Cakrawira Bumimandala.
Pengembang apartemen Season City di kawasan Latumeten, Jakarta Barat, ini mengaku selain lokasi, fasilitas dan kenyamanan menjadi alasan utama konsumen membeli unit hunian. Guna memberikan kenyamanan bagi para penghuni apartemen yang dijual mulai dari 300 juta rupiah, dari total areal proyek sekitar 5 hektare, pihaknya mengalokasikan 1,8 hektare lahan untuk pengembangan water park.
Kawasan ini dikemas layaknya resort yang berada diketinggian gedung (di atas mall) dengan beragam fasilitas seperti kolam renang berliku layaknya di kondominium mewah, sarana permainan anak, jogging track, hingga pusat kebugaran,developer juga menawarkan 57 unit garden house dua tingkat yang langsung menghadap kolam renang di areal water park.
Di apartemen ini juga ada trade mall untuk belanja sehari-hari, sarana hiburan, hotel, pusat jajanan kuliner dan fasilitas pendidikan dasar. Pihak pengembang berencana menyediakan shuttle bus dari Season City menuju sejumlah Universitas di sekitar Jakarta Barat dan menuju Bandara Soekarno-Hatta.
Untuk keamanan penghuni , kami mengharapkan system kartu akses, sehingga pemilik unit hanya bisa mengakses lantai dimana lokasi unitnya berada.
Bisnis ini sudah berkembang pesat di Indonesia, hanya saja memang membutuhkan modal yang tidak sedikit , namun kita dapat meraih keuntngan yang besar jika kita bisa memanfaatkan modal sebaik-baiknya, dan menang dalam persaingan pasar.
Dari Ketiga contoh bisnis di atas dapat saya simpulkan , bahwa bisnis bisa dilakukan siapa saja asalkan orang tersebut mau untuk memulai suatu kegiatan bisnis. Bisnis ada yang membutuhkan modal yang besar dan ada pula yang hanya membutuhkan sedikit . Hal ini dipengaruhi dari personal masing-masing.
Bisnis dapat dilakukan dengan cara online atau secara langsung.
Berikut beberapa keuntungan bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :

1.      Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar.
Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet
2.      Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline.
 Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen
3.      Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline.
 Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline
4.      Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi.
 Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan,  juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan
5.      Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas,
 Bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima system.
6.      Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen,
 Dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.
7.      Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
Dengan tidak menggunakan karyawan maka dapat meminiisasikan biaya bisnis.

Selain kelebihan di atas, bisnis online juga memiliki kekurangan atau kelemahan.

Beberapa hal yang menjadi kelemahan bisnis online, yaitu :
1.      Koneksi internet yang mahal, maka para pembisnis online harus bisa menyikapi hal ini, dengan cara memanfaatkan promo-promo di pasaran.
2.       Kurva pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online.
3.      Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer
4.      Terlalu banyak pilihan bisa membuat kita bingung mau memilih yang mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar